August 9, 2009

Menjadi Kaum Minoritas


Well, judul tulisan gue ini udah menceriminkan banget apa yang bakal gue ceritain disini. Pernah gak lo ngerasain menjadi minoritas ? Mungkin dulu pas jaman SD, dikala temen-temen lo semua udah pake backpack yang ada roda nya yang bisa di dorong-dorong dan lo masih pake tas ransel ber-retsleting bekas kakak lo dulu. Mungkin pas kuliah, sobat-sobat lo punya mobil atau motor yang selalu dibawa-bawa kemana-mana sedangkan lo masih tetap jadi penumpang setia busway, kopaja dan teman-temannya. Atau mungkin saat lo menjadi seorang perokok pasiv di antara temen nongkrong lo yang semuanya perokok aktiv. Atau, lo simply pengguna nomor XL, dimana rata-rata temen-temen lo pengguna IM3. Ya, minoritas. Sekecil apapun bentuknya gue rasa lo pernah ngerasain. Buat yang belom pernah, well, seems like you don't know what is the real life.

Sekarang ini gue ngerasain jadi minoritas. Dan sepertinya kasus gue ini cukup serius ketimbang beberapa kasus-kasus yang gue sebutkan sebelumnya. Ras dan Agama.

Rasis, memang, pembicaraan gue kali ini, tapi hey, ini blog gue, kalo lo gak suka ya simply gak usah baca, dan kalo lo mau ya lo tulis aja di blog lo sendiri.

Gue hidup di Jerman, dimana 90 persen manusia disini adalah that-so-called-'bule'. Sampai saat ini gue personally belum pernah dapet masalah disini karena gue kaum minoritas. Tapi beberapa temen gue udah pernah ngerasain 'pahit'nya jadi minoritas. Ada yang disusahin untuk dapet kerja dengan seribu alesan yang lama-lama makin gak masuk akal. Ada yang dianggep aneh dan gak di ajak ngobrol sepanjang perjalanan. Macem-macem lah pokonya. Ya mau gimana lagi, memang kita disini kaum minoritas, tapi hey! Kita gak lebih rendah dari bule bule itu kok. Bahkan beberapa org sini (bule) yang gue kenal, pernah terang-terangan make jokes tentang orang asia, di depan gue! MEN!

Yang bilang rasisme udah sepenuhnya musnah itu boong.

Hidup sebagai umat muslim di Jerman lebih susah lagi. Mau sholat bingung kiblatnya kemana, mau nyari mesjid susahnya minta ampun. Gak kayak di Indonesia yang tiap pengkolan ada. Nolak alkohol dibilang cupu, giliran ngejelasin alasannya, malah mereka mengganggap keyakinan gue itu terlalu mengekang dsb. Yah beginilah hidup di tengah-tengah orang atheis.
Gue bukannya kesel ataupun marah ataupun sebel atau apalah. Ini cuma sekedar curahan hati aja kok. Cuma mau ngasih tau aja gimana rasanya jadi kaum minority (kalo kata Greenday).
Gak pernah gue ngerasa minder, atau menempatkan diri gue di bawah mereka. Gue tetep ngejalanin aktivitas seperti biasa. Gue tebel kuping aja sama orang-orang freak yang make fun dengan rasis ataupun agama gue. Tapi ya satu fakta yang gak bisa gue bantah adalah, gue disini adalah minoritas.
Mau jungkir balik nggak ngakuinpun, gue tetap minoritas.
Jadi minoritas ? Hmmm, gak enak. Pastilah. Tapi yaa pinter-pinter nempatin diri aja.

Toh karena gue jadi minoritas gue juga banyak dapet pengalaman kok. Mulai sekarang, kalo gue nanti balik lagi ke Indonesia tanah air beta, gue bakalan memaksimalkan fungsi mushola di tiap mall-mall dan pom bensin. :D

Dan buat kamu, yang pernah ngerasa bahwa ras mu itu lebih tinggi dibandingkan ras ras lain, your brain is not bigger than a peanut! I'm proud to be me, to be Indonesian and to be a Moslem.



5 comments:

  1. :) bung, yg tabah yaa..
    Must be something good kok behind the wall. Hehegh.
    Someday, you'll be proud to be like what you are now. Being minority or what. Keep pray and believe in Allah's miracle. Hehehe :)
    Smooch

    ReplyDelete
  2. iyaaah timotii hehehehe makasii yaaa comment nyaaa :D

    ReplyDelete
  3. alhamdulilah...
    di jerman bunga malah jadi pengen jihad!
    ckckckckckkck...
    akhirnya bunga sadar juga...
    (siap2 aaah. beneran nih kata mama loren, bentar lagi kiamat)

    ReplyDelete
  4. dasar lo moonk, hahahaha .. iyanih ah jihad aah heuheuehe

    ReplyDelete
  5. bungaistyani.blogspot.com is very informative. The article is very professionally written. I enjoy reading bungaistyani.blogspot.com every day.
    same day loans
    online payday loan

    ReplyDelete